Rabu, 09 Mei 2012

Seeing Things In Different Perspectives ( part 2 )

Menyambung dari part 1 ( ya iyalah )

Setiap orang pasti punya pandangan masing-masing dalam melihat suatu hal.
Biasanya pandangan-pandangan ini di pengaruhi oleh faktor-faktor berikut :

1. Keluarga
Setiap orang tumbuh di keluarga yang berbeda-beda. Keluarga ini juga memiliki nilai ( values ) yang berbeda-beda pula. Tidak ada keluarga yang tidak memiliki nilai-nilai. Se- 'liar-liar' atau se- rock n roll - rock n roll nya suatu keluarga, pasti memiliki values tertentu.
Sewaktu kita masih kecil, kita melihat values ini sebagai  'peraturan', 'tata tertib' atau versi ekstrimnya, 'Garis-Garis Besar Haluan Rumah' :p
Waktu kita kecil, kita tidak menyadari hal ini. Kita juga tidak menyadari bahwa hal inilah yang akan membentuk pribadi kita nantinya. Nilai-nilai dalam keluarga atau family values ini yang diterapkan oleh kedua orang tua kita akan membentuk karakter kita sebagai seorang pribadi untuk pertama kalinya. Semua berawal dari rumah.

2. Lingkungan
Lingkungan ada berbagai macam. Lingkungan tempat tinggal, lingkungan sekolah, lingkungan pertemanan, seiring berjalan waktu, lingkungan di dunia kerja, lingkungan rumah tangga, dan lain sebagainya.
Lingkungan adalah faktor kedua setelah keluarga yang membentuk pandangan dan pola pikir kita.
Walaupun nilai-nilai di keluarga sudah kuat tertanam dalam diri kita masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan faktor lingkungan dapat merubah nilai-nilai itu. Semua tergantung pribadi masing-masing apakah pribadi tersebut merupakan pribadi yang "fleksibel" dalam menerima dan menyaring setiap perubahan ataukah cukup kaku untuk mempertahankan nilai-nilai yang sudah tertanam melalui faktor keluarga tadi.

Kedua hal di atas merupakan faktor yang cukup signifikan dalam menetapkan cara pandang dan pola pikir setiap pribadi. Tidak akan pernah ada alasan yang cukup kuat untuk seseorang memaksakan pola dan sudut pandangnya pada orang lain. Afterall, we are all different. So, it's very normal if we'd see thing differently. And we should see things differently too, because then we will understand about other people might see, feel, and think.

I'm different, and so do you. :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar